drama anak sekolah 6 orang “hitam putih”

“Hitam Putih”

Kisah terindah adalah ketika asam-masam kehidupan terbengkalai hilang dari kehidupan.. dan mucullah sebuah kunci keberhasilan yang manis, yang dapat diraih dari sebuah keyakinan dalam hati

Saat bel pulang berbunyi…

Dera        :     “guys..kalian tau nggak kata si Raisya kemarin ma gue! Kalian tau kan siapa Raisya?”

Dava        :     “iya.. anak 8.8 kan?”

Dera        :     “iya, masa yah dia bilang ke aku bahwa ada temenya yang nitip salam. Owhh so sweet banget”

Trusya     :     “emangnya dia mau yah sama kamu..?”

Dera        :     “ yaiyalah.. gini-gini gue laku juga kok.. hahaha. Yuk”

Ditempat lain Regita dan Bima asik memajak salah satu adik kelasnya

Syita        :     “yes, hari ini hari pertama aku di sekolah ini… senengnya!!”

Regita      :    “hey, jangan kira loe bisa tenang yah disekolah ini!”

Syita        :     “tapi ada apa kak?”

Regita      :    “disini ada beberapa aturan.. terkhusus dari genk kami yang anti kamseupay.. aturannya mudah kok, loe hanya mesti bayar 20.000/minggu. Dan, dan apa lagi Bim?”

Bima        :     “kamu harus bayar 5000/hari!! Ngerti?

Syita        :     “tapi kak, inikan namanya pemerasan…”

Bima        :     “udalah nggak usah so imut deh loe”

Tiba-tiba Dera, Dava dan Trusya datang

Dava        :     “ngapain kalian disini? Mau majak lagi yah?

Dera        :     “iya nih.. hey sadar donk.. stress yah?”

Regita     :     “aduh.. ak”

Tiba-tiba terdengar suara handphone Dera berdering

Dera       :     “aduh.. siapa sih ini?’ (sambil mengambil handphone kesayangannya itu) “haloo.. ooo paman tumben nelpon ada apa? APA…  (Dera amat kaget dengan berita yang baru saja di dengarnya. Sampai-sampai handphone kesayangnnya itu pun terjatuh kebawah)

Dava        :     “ada apa der?”

Trusya     :     “der kamu baik-baik aja kan?”

Dera        :     “i…i..bu, ibu aku. IBUUUUU,….

Dera lari meninggalkan teman-temannya itu karena baru saja mendapatkan kabar bahwa Ibunya telah meninggal dunia.

Trusya     :     “broo. Ayo kita lihat dia”

Dava        :     “ yuk “

Trusya dan dava pergi meninggalkan Syita, Regita dan Bima di sana.

Bima        :     “ada apa yah?”

Regita      :    “bodo amat. Ingat yah loe yang kita bilang tadi AWAS”

Syita         :    “iya kak”

Beberapa hari kemudian Dera merasa dirinya

Begitu hancur.. tanpa kasih sayang ibunya dia merasa hampa

 

Dera merenung diri dilorong-lorong sekolah. Tiba-tiba Dava dan Trusya datang

Dava        :     “Der, kamu nggak paapakan?”

Trusya     :     “Der kamu baik-baik aja kan?”

 

Akan tetapi Dera tetap diam membisu tanpa sepatah kata apapun.

Dava        :     “Der kamu denger nggak.. Der,Der,Der. Dera kalau kamu nggak mau lagi bicara sama kita yah udalah, ayo kita pergi aja..

 

Dava dan Trusya meninggalkan Dera sendirian disana. Beberapa saat kemudian Syita datang pada Dera

Syita         :    “kak, kak Dera… kak Dera makasih yah.. kemarin kakak udah mau membela aku.. kak? Kak?”

Dera         :    “udalah pergi aja kamu.. pergi sana” (dera membentak syita dengan kasar)

Dera         :    “aaaaa…… kenapa sih nggak ada satu orang pun yang bis ngerti aku.. mereka semua jahat.. JAHATTT”

Di dalam kelas

Regita      :    “Bim, udah berapa uang kita saat ini?”

Bima        :    “masih dikit nih.. soalnya mereka banyak yang nunggak..”

Regita      :    “aduh.. kalau lama-lama begini bisa bangrut deh kita”

Bima        :     “ iya nih”

Dera muncul dari pintu kelas mereka

Regita      :    “ngapain kamu disini?”

Dera        :     “aku boleh gabung yah?”

Regita      :    “ha…?”

Dera        :     “nggak boleh yah, ya udah lah”

Bima        :     “eehhh.. ayo gabung aja”

Dera        :     “aku boleh jadi anggota genk kalian nggak?”

Bima        :     “ha, gila yah loe?”

Dera        :     “nggak boleh yah..”

Bima        :     “ya.. boleh-boleh aja kok. Ya kan?”

Dera        :     “makasih yah kalian baik banget yah”

Regita      :      “tapi pertama-tama kita harus majak adik kelas dulu nih.. masih banyak yang nunggak soalnya..”

Dera        :      “yuk”

 

Bima, Regita dan Dera pergi menuju ke kelas adik-adik kelasnya yang masih menunggak itu

Setelah sekitar dua minggu kemudian.. Dera, Regita dan Bima kini makin bertambah jahat. Dan itu sudah biasa di telinga teman-temannya terutama Dava dan Trusya.

Dera        :     “ setelah dua minggu lebih gabung ama kalian.. aku tambah hebat kan”

Regita     :      “iya nggak ada adik kelas lagi yang masih nunggak hahaha… ngomong-ngomong Bima di mana?”

Dera        :      “Git..Git palingan di kantin lah… kerjaan kesehariannya kan itu!”

Regita     :       “hahahaha”

Saat hendak ke tempat nongkrongnya tiba-tiba

Dava        :       “kalian habis pajak adik kelas lagi yah?”

Trusya     :      ”ya iyalah Dav, kamu kayak nggak tau mereka aja! Apalagi Dera.. yang ternyata sekarang                 udah jahat baget”

Regita     :      “apaan sih kalian, sembarangan aja.. ini tuh uang yang kita dapat di jalan..”

Dava        :      “bukan di jalan tapi di kantong adik kelas kan?”

Dera        :      “enak aja”

Trusya     :       “iya sih kita nggak bisa nuduh kamu… tapi ingat aja yah, kalau kami liat kamu pajak adik      kelas.. hmm awas!”

Regita     :      “yah udah kalau kalian nggak percaya, Der kita pergi yuk!”

Dera        :      ”yuk..”

Tiba-tiba Syita lewat di hadapan Dera dan Regita yang hendak pergi

Dera : (menatap lirih wajah Syita tanpa sebab)

 

Kemudian Dava dan Trusya juga meninggalkan tempat itu. Dan Syita hendak menelpon kakaknya untuk megantarnya pulang

Syita        :     “halo kak.. halo,halo.. kok putus sih?” (sambil memegang Handphone di tangannya). Aduh gimana yah .. udahlah, mending aku pulang sendiri aja”

 

Kemudian Dera dan Regita menuju tempat di mana biasanya mereka nongkrong

Regita     :       “aduh, nggak ada anak yang bisa di pajak nih!!!”

Dera        :       “iya nih…. Ah, nggak asik”

Syita        :       “permisi kak!”

Dera        :       “berhenti loe.. enak aja loe lewat kayak gitu.. kalau ada yang lewat di sini tuh harus bayar, sekarang serahin uang loe”

Syita        :       “ooo.. kakak kak Dera dan kak Regita kan? Maaf yah kak, tapi ini uang untuk aku pulang, soalnya kakak aku nggak jadi jemputin aku..”

Regita     :       “udalah, nggak usah ngeles deh loe!!” (sambil mengambil uang di kantong baju Syita) “ahh.. ini dia”

Syita        :       “jangan di ambil kak.. ini uang aku”

Dera        :      “ooo udah berani melawan yah loe” (hampir menampar Syita)

Dava dan Trusya datang

Dava        :       “Deraaaa… berhenti” (dengan suara keras)

Dera        :       (menengok ke belakang) “da..da..da..va???? ngapain loe di sini?”

Dava        :       “loe mau ngerjain nih anak kan?”

Regita     :       “ng..ng…nggk kok! Ya kan?  Ya kan?” (Hendak menjatuhkan uang yang telah diambil paksanya itu)

Trusya     :       “ah… nggak usah ngeles deh loe?”

Regita     :       “bener.. iya kan Der?”

Dera        :      “ya kok, nggak kan Syita?” (sambil mencubit tangan Syita diam-diam)

Syita        :       “ii…iii…ya nggak kok kak, mereka nggak majak aku kok?”

Dera        :       “ah tuh..  apakan gue bilang.. Git kita pergi ajah yuk…”

Regita     :       “iya dari pada kita difitnah di sini”

Dera dan Regita meninggalkan TKP,

Syita        :       “permisi kak”

Trusya     :       “tunggu nama kamu siapa?”

Syita        :       “nama saya Syita”

Dava        :       “nama saya Dava dan ini Trusya…”

Syita        :       “salam kenal kak,, permisi…”

Syita meninggalkan dava dan trusya.

Dava        :       “ya udah broo kita main bola yuk”

Trusya     :       “ok ok ok”

Di dalam kelas…

Dera        :       “aduhhh gara-gara Dava dan Trusya nih, kita gagal deh majak satu anak lagi..”

Regita     :       “iya ngeselin banget,, huuuuu” (marah)

Bima        :       “makan, makan, makan, asik”

Dera        :       “hey diam”

Bima        :       “iya..iya.  Eh kalian… kenapa kelihatannya  marah-marah gitu?”

Dera        :       “Tanya ajah tuh ma Regita?”

Bima        :       “Git, emangnya ada apa sih?”

Regita     :       “ tuh anak baru, udah berani kurang ajar ma kita”

Bima        :       “emang siapa sih?”

Regita     :       “Syita”

Bima       :       “Trus kenapa kalian kelihatanya marah banget?”

Dera        :       “gara-gara Dava dan Trusya tuh gangu ajah..”

Bima        :       “hahaha.. kasihan deh kalian”

Dera        :       “eh rese lu yah”

Bima        :       “yah udah kita ke kantin aja yuk, makan.. sambil mikirin cara ntuk ngerjain anak itu?”

Regita     :       “ah luh, perut aja yang loe urus”

Bima        :       “dari pada kalian marah-marah nggak jelas disini, ayolah.. nanti gue traktir deh”

Dera        :       “ya udah lah, yuk….”

Saat di jalan raya. Saat itu Syita hendak pulang dirumahnya.

Syita        :       “aduh kakak aku mana yah?”

Dera        :       “heyyyyyyy…. Kamseupay berhenti loe..”

Regita     :       “hey kamu aneh”

Syita        :       “ada apa kak?”

Dera        :       “ah.. nggak usah sok baik deh loe..”

Bima        :       “ooo.. jadi ini anaknya, eh  kurang ajar banget loe ma kita-kita, mau dikasih pelajaran nih anak..”

Regita     :       “kamu mau kasih pelajaran apa?  IPA,IPS, atau matematika” (sambil kebingungan)

Dera        :      “aduh Regit..  kamu kamseupay deh..”

Bima        :       “iya nih.. eh apa loe ketawa” (sambil menatap lirih Syita)

Syita        :       “nggak kok kak.. kenapa kakak marah emangnya aku salah apa? Aku rasa aku nggak pernah gangguin kakak?”

Regita     :       “ha… pura-pura lupa lagi loe” (sambil mendorong bahu Syita)

Bima        :       “eeh hati-hati deh loe..”

Syita        :       “maafin aku kak… maafin, jangan marahin aku kak”

Tiba-tiba

Trusya     :       “ehhh… berhenti kalian, mau nganguin anak itu lagi?”

Dera        :       “kami  nggak ngganguin anak ini kok”

Bima        :       “kita disini mau kenalan iya kan…”

Regita     :       “iya tuh,, kalian aja tuh  yang overprotektif.. Syita kami nggak nganguin kamu kan?”

Syita        :       “eemm..” (sambil tertunduk takut melihat wajah Dera dan teman-temannya)

Trusya     :       “udahlah Syit… nggak usah kamu tolong mereka lagi”

Dava        :       “udah lah nggak ada yang bakalan membela kalian lagi. Sekarang Ikut aku keruang Kepsek”

Bima        :       “enak aja.. kita nggak nganguin ini anak kok!”

Trusya     :       “ah.. udahlah cepetan”  (sambil menarik tangan Bima)

Bima        :       “ehh..”

Trusya     :       “Regita.. cepet!”

Regita     :       “apaan sih kamu, ak nggak salah apa-apa kok!”

Trusya     :       “Git..” (sambil menatap marah yang sangat-sangat)

Sementara itu Dera berusaha kabur dari mereka

Dava        :       “eehh.. Dera mau kemana loe?”

Dera        :       “nggak kok! Hehehe”

Dava        :       “kamu jangan lari yah.. ikut aku keruang kepsek sekarang” (dengan nada membentak)

Dera        :       “iih kamu kamseupay..”

Dava        :       “cepetan..” (dengan wajah yang kelihatanya marah banget)

Dera        :       “iih, iya iya”

Syita        :       “tunggu aku”

Setelah keluar dari ruang Kepsek.

Regita     :       “gara-gara kalian nih gue di hukum… ngebersihin WC lagi..”

Dera        :       “bukan hanya loe gue juga nih..”

Bima        :       “udah..udah..udah ayo ngepel aja!”

Dera        :       “aaa… gila deh gue. Apa loe lihat-lihat?” (menatap wajah Syita yang sepertinya ketakuan)

Bima        :       “udah… ayo ke WC aja”

Dava        :       “udahlah, nyapu aja sana… rasain loe!”

Bima        :       “huuuu.. dasar kakek lampir”

Trusya     :       “broo kita lanjutin main bola yuk..?”

Dava        :       “ok broo”

Syita        :       “permisi kak”

Saat di lapangan

Dava        :       “kamu ingat kan anak yang tadi itu?” (sambil terus menerus menendang bola dikakinya)

Trusya     :      “siapa?”

Dava        :       “Syita!”

Trusya     :      “emangnya kenapa?”

Dava        :      “aku kasihan sama dia! Dera dan teman-temannya itu jahat banget yah”

Trusya     :       “emang tuh.. mereka dari dulu kerjanya buat onar!”

Dava        :       “kalau gue jadi Syita tuh.. gue udah naik darah kali yah”

Trusya     :       “kalau ketahuan lagi mereka yang ganggu anak itu… uuuh bukan hanya gue bawa ke ruang kepsek, sekalian aja ke komnas HAM!”

Dava        :       “bener..bener..bener”

Tiba-tiba Syita datang menemui Dava dan Trusya yang sedang main bola

Syita        :       “kak mereka nggak usah di hukum yah?”

Dava        :       “tapikan mereka salah”

Syita        :       “aku kasihan kak!”

Dava        :       “sudahlah itu hukuman untuk mereka”

Syita        :       “ayolah kak, kita keruang Kepsek yah? Kita bilang agar mereka nggak usah di hukum… ayolah kak”

Trusya     :       “udahlah Dav.. kan dia yang dikerjain buka kamu. Syit ya udah lah kalau itu mau kamu”

 

Syita, Dava dan Trusya masuk keruang Kepsek dan memberi tahu  agar Dera, Regita dan Bima di lepaskan dari hukuman.

Syita        :       “makasih yah kak, karena kak Trusya dan kak Dava mau membantu aku”

Trusya     :       “iya sama-sama”

Syita, Dava dan Trusya pergi menuju Dera, Regita, dan Bima yang sedang membersikan

Bima        :       “ihh.. gila, kotor banget ni WC”

Regita     :       “ihh.. jijik”

Dera        :       “liat deh” (sambil memegang seekor kecoak hidup yang mejijikan)

Regita     :       “aaaaaaa….”

Tiba-tiba

Syita        :       “kak… udah berhenti ngepelnya yah, aku udah bilang ke Kepsek utuk melepaskan hukuman kakak”

Regita     :       “apa, beneran nih?”

Dava        :      “iya Syita udah bilang ke Kepsek soal itu, jadi kalian udah berhenti ngepelnya. Sekarang kalian mesti minta maaf ke Syita”

Bima        :       “makasih yah Syit, kamu udah baik banget sama kami. Padahal kami selalu aja ngangguin kamu”

Dera        :       “ya.. aku juga minta maaf yah”

Regita     :       “maafin aku juga yah Syita…”

Syita        :       “ya kak, saya udah maafin kalian semua kok!”

Berpelukan

Dava        :       “yah gitu dong jadi senior dan junior tuh harus akrab”

Trusya     :       “ya bener tuh. Kalau gini kan enak dilihatnya…”

Semua tertawa

Dari sekian juta kebobrokan seorang manusia… pasti ada sebuah pintu yang dapat menghantarkannya ke dalam kehidupan yang lebih baik, jauh dari kebencian dan amarah. Dengan ratapan hati yang sungguh-sungguh, untuk meraihnya….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: